Pages

Monday, January 4, 2016

5 Kuliner Legendaris Jakarta

5 Kuliner Legendaris Jakarta

Buat kalian pencinta kuliner legendaris di berbagai penjuru dunia, anda wajib megunjungi 5 kuliner legendaris ini. Makanan-makanan ini di sebut legendaris karena sudah ada sejak lama, ataupun menggunakan resep-resep yang turun menurun. Berikut rekomendasinya:

1. Gado-Gado Bon-bin

Makanan sejenis salad ini yang terdiri dari lontong, kol, bayam, tahu, tauge, telor, yang disiram dengan bumbu kacang dan ditambah dengan emping dan kerupuk udang memang banyak sekali penggemarnya di Indonesia. Gado-Gado Bon-Bin yang terletak di Jl. Cikini IV No. 5 merupakan salah satu kuliner legendaris yang telah berualan sejak tahun 1960.
Bumbu kacang yang digunakan berasal dari kacang tanah yang dimasak dengan cara disangrai bukan digoreng. Selain itu paduan bumbu asinan (cuka) dan sambal kacang membuat ada rasa manis dan sedikit asam di gado-gadonya.

Kini selain menjual Gado-gado, rumah makan ini juga menjual nasi rames, asinan, lontong cap gomeh, es shanghai, es kelapa muda, es cendol.


2. Soto Betawi Hj. Ma'ruf

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner soto yang khas dengan daerah masing-masing. Begitu pun dengan Jakarta yang memiliki kuliner soto yang khas yaitu Soto Betawi. Soto betawi dibuat dengan racikan kuah santan berisi daging dan berbagai jeroan sapi yang dihidangkan dengan acar dan emping.
Soto Betawi Hj. Ma'ruf di kawasan Taman Izmail Marzuki di Jl. Cikini Raya merupakan salah satu kuliner legendaris di Jakarta yang telah berjualan sejak tahun 1940.


3. Restoran Trio

Satu lagi tempat makan legendaris di kawasan Gondangdia, Jl. R.P. Soeroso, yaitu Restoran Trio yang sudah berdiri sejak tahun 1947 dan masih mempertahankan suasananya yang sederhana. Restoran Trio menawarkan 200 menu masakan seperti Nasi Goreng Kepiting, Bakmi Goreng Ayam, dan Lumpia Udang termasuk menu idola di kalangan pelanggannya.
Untuk pelanggan non-Muslim kamu bisa mencicipi beberapa menu yang mengandung daging babi maupun kodok.


4. Roti Tan Ek Tjoan

Untuk pecinta roti, Roti Tan Ek Tjoan yang terletak di Jl. Cikini Raya 61, Mentng, wajib untuk di coba. Toko roti ini sudah berdiri sejak tahun 1921 dan masih sering didatangi oleh pelanggan setianya. Toko ini bersebelahan dengan pabriknya dan kamu bisa langsung mencium aroma wangi roti.


5. Warung Tinggi Coffe

Berdiri sejak 1878, merupakan kedai kopi tertua di Jakarta. Warung Tinggi Coffee mempunyai 200  jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment